Perbedaan Asesmen Penugasan dan Asesmen Portofolio

 Perbedaan Asesmen Penugasan dan Asesmen Portofolio

Asesmen Penugasan

Asesmen Portofolio

Penilaian dengan penugasan adalah suatu teknik penilaian yang menuntut siswa melakukan kegiatan tertentu di luar kegiatan pembelajaran di kelas

Portofolio merupakan koleksi sitematik dari sampel hasil kerja siswa yang dihasilkan dari rangkaian proses pembelajaran yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Penilaian portofolio merupakan penilaian terhadap produk siswa dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan karya-karya siswa dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas siswa dalam kurun waktu tertentu.

Pemberian tugas pada asesmen penugasan bertujuan untuk melatih siswa menerapkan atau menggunakan hasil pembelajarannya, memperkaya wawasan pengetahuannya serta mengembangkan dan kreativitas dan kemandirian

Asesmen portofolio dapat digunakan sebagai alat untuk memahami perkembangan pengetahuan, wawasan, keterampilan, sikap dan kreativitas siswa secara cermat sehingga portofolio dapat digunakan untuk membantu siswa menilai kemajuannya sendiri (self-assesment).

Pada asesmen penugasan perlu disiapkan rubrik untuk menilai aspek-aspek kualitas tugas misalnya kebenaran konsep kimia kejelasan dan sistematika uraian ketepatan memberikan ilustrasi foto, video, dan infografik. Struktur rubrik tersebut merujuk pada rubrik asesmen kinerja.

Pada asesmen portofolio, untuk menjamin keakuratan penilaian guru maka perlu dibuat ”rubrik” penilaian portofolio, yang berupa matriks yang memuat aspek-aspek yang dinilai serta kriteria skoring terhadap kinerja siswa dalam masing-masing aspek yang dinilai tersebut.

Materi tugas pada asesmen penugasan yaitu dipilih yang esensial sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan hidup yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, perkembangan dan lingkungannya

Tugas yang diberikan dapat berupa:

1.      Membuat ringkasan artikel ilmiah populer terkait kimia dalam majalah/jurnal

2.      Menulis karangan tentang suatu topik seputar isu mutakhir terkait kimia

3.      Menulis laporan pengamatan dan mencari penjelasan teoritik terhadap fenomena alam terkait kimia

4.      Menulis laporan pengamatan terhadap instalasi dan proses dalam suatu industri kimia

5.      Melaksanakan proyek

Isi portofolio dapat berupa:

1.      Karangan singkat tentang topik kimia yang dibuat sebagai tugas

2.      Foto atau sketsa tentang lingkungan atau instalasi teknologi kimia yang dikunjungi

3.      Kegiatan percobaan kimia yang paling berkesan (prosedur, data, laporan)

4.      Laporan tugas kelompok membuat alat peraga sederhana yang dilengkapi dengan foto proses pembuatan dan hasil akhirnya

5.      Tulisan atau ekspresi terkait kimia pada mading

Isi dari portofolio ini berdasarkan  karya-karya favorit yang paling bernilai bagi siswa itu sendiri.

Penilaian penugasan dilakukan oleh setiap siswa sebagai alat penilaian proses belajar, sebab dari jawaban siswa dapat dilihat daya serap siswa terhadapa pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan

Penilaian portofolio merupakan koleksi sistematik dari sampel hasil kerja siswa yang dihasilkan dari rangkaian proses pembelajaran yang dilakukan.

Merupakan salah satu penilaian formatif atau penilaian proses belajar

Merupakan salah satu penilaian sumatif atau penilaian hasil belajar


No comments:

Post a Comment