Perbedaan Asesmen Penugasan dan Asesmen Portofolio
Asesmen
Penugasan |
Asesmen
Portofolio |
Penilaian dengan penugasan adalah suatu teknik
penilaian yang menuntut siswa melakukan kegiatan tertentu di luar kegiatan
pembelajaran di kelas |
Portofolio merupakan koleksi sitematik dari sampel hasil kerja siswa yang dihasilkan dari rangkaian proses pembelajaran yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Penilaian portofolio merupakan penilaian terhadap produk siswa dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan karya-karya siswa dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas siswa dalam kurun waktu tertentu. |
Pemberian tugas pada asesmen penugasan bertujuan
untuk melatih siswa menerapkan atau menggunakan hasil pembelajarannya,
memperkaya wawasan pengetahuannya serta mengembangkan dan kreativitas dan
kemandirian |
Asesmen portofolio dapat
digunakan sebagai alat untuk memahami perkembangan pengetahuan, wawasan,
keterampilan, sikap dan kreativitas siswa secara cermat sehingga portofolio
dapat digunakan untuk membantu siswa menilai kemajuannya sendiri (self-assesment). |
Pada asesmen penugasan perlu disiapkan rubrik untuk
menilai aspek-aspek kualitas tugas misalnya kebenaran konsep kimia kejelasan
dan sistematika uraian ketepatan memberikan ilustrasi foto, video, dan
infografik. Struktur rubrik tersebut merujuk pada rubrik asesmen kinerja. |
Pada asesmen portofolio, untuk
menjamin keakuratan penilaian guru maka perlu dibuat ”rubrik” penilaian
portofolio, yang berupa matriks yang memuat aspek-aspek yang dinilai serta
kriteria skoring terhadap kinerja siswa dalam masing-masing aspek yang
dinilai tersebut. |
Materi tugas pada
asesmen penugasan yaitu dipilih yang esensial sehingga siswa dapat
mengembangkan keterampilan hidup yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan,
perkembangan dan lingkungannya Tugas yang diberikan
dapat berupa: 1. Membuat
ringkasan artikel ilmiah populer terkait kimia dalam majalah/jurnal 2. Menulis
karangan tentang suatu topik seputar isu mutakhir terkait kimia 3. Menulis
laporan pengamatan dan mencari penjelasan teoritik terhadap fenomena alam
terkait kimia 4. Menulis
laporan pengamatan terhadap instalasi dan proses dalam suatu industri kimia 5. Melaksanakan
proyek |
Isi portofolio dapat
berupa: 1. Karangan
singkat tentang topik kimia yang dibuat sebagai tugas 2. Foto
atau sketsa tentang lingkungan atau instalasi teknologi kimia yang dikunjungi 3. Kegiatan
percobaan kimia yang paling berkesan (prosedur, data, laporan) 4. Laporan
tugas kelompok membuat alat peraga sederhana yang dilengkapi dengan foto
proses pembuatan dan hasil akhirnya 5. Tulisan atau ekspresi terkait kimia pada mading Isi dari portofolio ini berdasarkan karya-karya favorit yang paling bernilai bagi siswa itu sendiri. |
Penilaian
penugasan dilakukan oleh setiap siswa sebagai alat penilaian proses belajar,
sebab dari jawaban siswa dapat dilihat daya serap siswa terhadapa pengetahuan
dan keterampilan yang diajarkan |
Penilaian
portofolio merupakan koleksi sistematik dari sampel hasil kerja siswa yang
dihasilkan dari rangkaian proses pembelajaran yang dilakukan. |
Merupakan
salah satu penilaian formatif atau penilaian proses belajar |
Merupakan salah
satu penilaian sumatif atau penilaian hasil belajar |
No comments:
Post a Comment