Karakteristik Materi Hukum-hukum Dasar Kimia
Hukum-hukum dasar
kimia merupakan materi SMA yang dipelajari pada kelas X. Sesuai dengan
Kurikulum 2013, materi hukum-hukum dasar kimia mempunyai kompetensi inti,
kompetensi dasar yang diturunkan menjadi indikator pencapaian kompetensi (IPK)
dan tujuan pembelajaran sebagai berikut.
Kompetensi
Inti:
1.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktuall, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
2. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar:
3.11 Menerapkan konsep massa atom relatif dan massa molekul relatif, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia dan konsep untuk menyelesaikan perhitungan
kimia.
4.11 Massa atom relaitf, persamaan
reaksi, hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol untuk mnyelesaikan perhitungan
kimia.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.11.1 Menjelaskan dan membuktikan
hukum kekekalan massa (Hukum Lavoisier)
3.11.2 Menganalisis hukum perbandingn
tetap (Hukum Proust)
3.11.3 Menjelaskan hukum perbandingan
berganda (Hukum Dalton)
3.11.4 Menganalisis hukum perbandingan
volume (Hukum Gay Lussac)
3.11.5 Menjelaskan hukum Avogadro
Tujuan
Pembelajaran
Melalui model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mengeksplormodel berupa gambar, grafik,
tabel atau diagram mengenai berbagai konsep yang akan dibangun peserta didik
dengan melakukan penyelidikan sederhana, mengolah dan memperoleh pengetahuan
diharapkan peserta didik terlibat aktif baik secara individual maupun kelompok
selama proses pembelajaran berlangsung, meningkatkan rasa syukur atas nikmat
akal sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga bias memikirkan secara
logis dan memecahkan permasalahan yang dihadapi secara mandiri dan mengetahui
bagaimana membuktikan hukum dasar kimia serta kemampuan berkomunikasi secara
percaya diri, jujur, teliti, kerja sama dan disiplin dalam melakukan pengamatan
serta tanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
kritik dan saran, serta menganalisi bagaimana hukum kekekalan massa, hukum
perbandingan tetap, hukum perbandingan berganda, hukum perbandingan volume, dan
hukum Avogadro.
Materi
Pelajaran
1.
Fakta
a.
Rumus molekul air adalah H2O
b.
Perbandingan massa H dan O untuk membentuk air 1:8
c.
Rumus molekul karbon monoksida adalah CO
d.
Rumus molekul karbon dioksida adalah CO2
e.
Rumus molekul gas hidrogen adalah H2
f.
Rumus molekul gas oksice adalah O2
g.
1 molekul gas hidrogen terdiri dari 2 atom hidrogen
2.
Konsep
a.
Reaksi kimia merupakan penggabungan, pemisahan atau penyusunan kembali
atom-atom.
b.
Reaksi kimia (chemical reaction) adalah suatu proses dimana zat (atau
senyawa) diubah menjadi satu atau lebih senyawa baru (Chang, 2005: 70)
3.
Prinsip
a.
Bunyi Hukum Lavoiser adalah massa total zat-zat sebelum reaksi akan
selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi (Sudarmo, 2013: 192)
b.
Bunyi Hukum Proust adalah suatu zat kimia yang murni, perbandingan massa
unsur-unsur dalam tiap-tiap senyawa adalah tetap. (Brady, 1999: 69)
c.
Bunyi Hukum Dalton adalah bila dua unsur dapat membentuk lebih dari satu
senyawa, maka perbandingan massa suatu unsur yang bersenyawa dengan unsur yang
lain dengan massa tertentu merupakan bilangan bulat yang sederhana. (Syukri,
1999:28)
d.
Bunyi Hukum Gay-Lussac adalah volume gas-gas yang terlibat dalam suatu
reaksi kimia pada suhu dan tekanan yang sama berbanding sebagai bilangan bulat
dan sederhana. (Syukri. 1999: 28)
e.
Bunyi Hukum Avogadro adalah pada temperatur dan tekanan yang sama,
volume yang sama dari semua gas mengandung jumlah molekul yang sama. (Ahmad.
2001: 11)
4.
Prosedural
a.
Hukum Kekekalan Massa
(Hukum Lavoisier)
1)
Menuliskan persamaan reaksi
2)
Menentukan massa masing-masing komponen yang bereaksi
3)
Menentukan massa komponen yang ditanya berdasarkan hukum lavoiseir
b.
Hukum Perbandingan Tetap
(Hukum Proust)
1)
Menentukan massa masing-masing unsur yang bereaksi.
2)
Membagi massa unsur, setiap unsur dengan massa unsur yang terkecil.
3)
Menentukan perbandingan massa unsur-unsur.
c.
Hukum Kelipatan Berganda
(Hukum Dalton)
1)
Menentukan massa masing-masing unsur yang bereaksi.
2)
Menentukan salah satu unsur sebagai dasar perhitungan seperti C pada
reaksi pembentukan CO dan CO2.
3)
Membagi massa unsur yang lain dengan massa unsur yang telah ditentukan
diatas.
4)
Menentukan perbandingan massa unsur-unsur dalam membentuk senyawa
berbeda.
Senyawa |
Massa Karbon (C) |
Massa Oksigen (O) |
Perbandingan Massa (C : O) |
CO |
1 gram |
1,33 gram |
3 : 4 |
CO2 |
1 gram |
2,66 gram |
3 : 8 |
d.
Hukum Perbandingan Volume
(Hukum Gay-Lussac)
1)
Menentukan volume masing-masing gas yang bereaksi.
2)
Membagi volume gas dengan volume gas yang terkecil
3)
Menentukan perbandingan volume gas-gas
Volume |
Hidrogen |
Oksigen |
Air |
Volume ke-1 |
2 |
1 |
2 |
Volume ke-2 |
4 |
2 |
4 |
Volume ke-3 |
6 |
3 |
6 |
e.
Hipotesis Avogadro
1)
Menuliskan persamaan reaksi
2)
Menentukan volume masing-masing gas yang bereaksi.
3)
Menentukan jumlah molekul gas
No comments:
Post a Comment