Refleksi Pengalaman Belajar Selama Mengikuti Program PPG (LK 4) - SEMINAR PPG

 

Format Refleksi Pengalaman Belajar Selama Mengikuti Program PPG (LK 4)


Indikator

Pertanyaan Identifikasi Diri

Refleksi pengalaman belajar selama mengikuti Program PPG

Setelah mengikuti serangkaian refleksi pengalaman belajar pada mata kuliah Seminar PPG, saya menyadari bahwa pendidikan di Indonesia seharusnya…

Melalui serangkaian refleksi pengalaman belajar saya pada mata kuliah Seminar PPG, saya menyadari bahwa ada beberapa aspek penting dalam pendidikan di Indonesia yang memerlukan perhatian dan reformasi. Pendidikan seharusnya tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan moral serta pengembangan terhadap kompetensi sosial emosional peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan memperkuat karakter seperti integritas, kejujuran, disiplin, serta kerja sama serta pengintegrasian komponen sosial emosional dalam pembelajaran yang dilakukan guru.

Pendidikan di Indonesia seharusnya merata, artinya tidak hanya berkualitas di kota-kota besar tetapi juga didaerah-daerah terpencil. Sebagai seorang yang berasal dari desa, saya sangat merasakan perbedaan pendidikan di desa dan kota. Mulai dari fasilitas belajar dan praktikum dan kemampuan guru. Saya berharap peserta didik di desa dapat merasakan fasilitas seperti di kota.

Pendidikan di Indonesia seharusnya lebih relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Saat ini, masih terdapat kesenjangan antara lulusan pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja. Banyak lulusan yang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan karena kurangnya

keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja. Oleh karena itu, pendidikan seharusnya lebih mengintegrasikan pembelajaran praktis dan pengalaman kerja di dalam kurikulum.

Selain itu, pendidikan seharusnya memperhatikan keberagaman karakteristik peserta didik termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Hal ini memerlukan pengembangan metode pembelajaran yang beragam dan peningkatan aksesibilitas terhadap fasilitas pendidikan yang memadai. Pendidikan seharusnya memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas peserta didik, bukan hanya menghafal dan memahami materi.

Saya menyadari bahwa untuk menjadi guru profesional, saya harus…

Saya perlu meningkatkan kualitas saya sehingga saya dapat melaksanakan hal-hal yang telah saya paparkan di atas.  Saya perlu mengembangkan 4 kompetensi guru dan mengembangkan kompetensi sosial emosional saya sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menjalin hubungan yang positif dengan peserta didik dan rekan kerja. Saya perlu menerapkan fase 5 fase design thinking untuk memahami dan memenuhi kebutuhan peserta didik sehingga dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas. Saya perlu untuk meningkatkan kemampuan kepribadian sehingga dapat memberikan dan mengajarkan contoh yang baik bagi peserta didik terutama di era ini.

Rencana tindak lanjut

Tiga hal penting yang akan saya lakukan ketika memulai karir saya sebagai guru adalah

 

1.         Saya akan terus mengembangkan pemahaman dan pengetahuan saya terkait bidang yang saya ampu sebagai mana tuntutan yang terdapat dalam kompetensi profesional. Selain itu saya akan terus mengembangkan keterampilan daya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai sebagai mana tuntutan kompetensi pedagogik. Hal tersebut akan saya lakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan dan workshop, membaca buku dan artikel, serta berbagi praktik baik dengan rekan-rekan guru. Dengan cara tersebut, saya akan menjadi guru yang kompeten dan mampu memberikan pengajaran yang berkualitas.

2.         Saya akan menerapkan ilmu dan pengetahuan yang saya dapatkan selama mengikuti perkuliahan PPG dan PPL.

Banyak pemahaman baru yang saya dapati selama mengikuti PPG dan PPL seperti cara merancang pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design (UbD), berbagai jenis asesmen seperti assessment for learning, assessment for learning dan assessment of learning. Masing-masing asesmen tersebut dibutuhkan untuk mengukur pencapaian peserta didik. Selain itu, saya menjadi mengenal pendekatan TaRL dan CRT yang memiliki keunggulan dalam penerapannya. Saya akan belajar untuk lebih baik lagi dalam menerapkan ilmu-ilmu tersebut sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang optimal di kelas.

3.         Saya akan menjalin hubungan yang positif dengan peserta didik dan rekan kerja.

Menjalin hubungan yang positif merupakan kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Untuk menjalin hubungan yang positif saya perlu lebih mengenal dan memahami karakteristik dan kebutuhan peserta didik saya. Saya akan memprioritaskan untuk mengenal setiap peserta didik sebagai individu yang memiliki berbagai keunikan yang perlu saya pahami.

Selain itu, saya menyadari pentingnya kolaborasi dengan sesama pendidik dan administrator. Saya akan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diadakan di sekolah, berkontribusi pada budaya sekolah yang positif. Selain itu, saya akan menjaga komunikasi yang terbuka dan transparan dengan orang tua, melibatkan mereka dalam pendidikan anak mereka dan membangun kemitraan yang kuat untuk mendukung pembelajaran peserta didik.

 

Sebagai guru profesional, saya akan melakukan…

Sebagai seorang guru profesional, saya akan mengembangkan keterampilan pedagogis yang saya miliki untuk melaksanakan pembelajaran yang baik. Hal ini mencakup kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif, memahami kebutuhan individu peserta didik, serta menggunakan berbagai strategi pengajaran yang relevan dan bervariasi. Merencanakan pembelajaran yang efektif adalah langkah awal yang penting. Saya harus dapat menyesuaikan pembelajaran dengan kurikulum yang berlaku, serta menyusun rencana pembelajaran yang jelas dan terstruktur.

 

No comments:

Post a Comment