RPP Senyawa Kovalen Polar dan Nonpolar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                       : SMAN

Mata pelajaran             : Kimia

Kelas / Semester          : X / 1

Materi pokok               : senyawa kovalen polar dan non polar

Alokasi Waktu            : 30 menit

       A.    Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Sikap : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian  dari  solusi atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

K1-4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

    B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar Dari KI-3

Kompetensi Dasar Dari KI-4

3.5  Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta kaitannya dengan sifat zat

4.5 Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukkan karakteristik senyawa ion atau senyawa kovalen beberapa sifat fisika

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.5.1        Mengetahui susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan okted)

3.5.2        Menjelaskan cara suatu unsur untuk mencapai kestabilan

3.5.3        Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion

3.5.4        Menjelaskan struktur Lewis pada pembentukan ikatan kovalen

3.5.5        Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga

3.5.6        Menjelaskan terbentuknya ikatan koordinasi pada beberapa senyawa dengan menggunakan struktur lewis

3.5.7        Menjelaskan terjadinya ikatan logam

3.5.8        Menjelaskan adanya molekul yang tidak memenuhi aturan oktet

3.5.9        Menjelaskan proses pembentukan ikatan kovalen koordinasi

3.5.10    Menjelaskan ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen nonpolar serta

3.5.11    menjelaskan pengertian senyawa polar dan senyawa nonpolar.

3.5.12    mengidentifikasi  sifat senyawa polar dengan sifat senyawa nonpolar melalui percobaan.

3.5.13    membedakan kovalen polar dan nonpolar

3.5.14    mengelompokkan senyawa ke dalam senyawa polar dan senyawa non polar.

3.5.15    membedakan sifat-sifat senyawa polar dan non polar

4.5.1        Siswa dapat merancang percobaan untuk menyelidiki sifat senyawa polar dan senyawa non polar.

4.5.2        Siswa dapat melakukan percobaan kepolaran senyawa beberapa larutan senyawa kovalen

4.5.3        Siswa dapat mengamati dan mencatat data hasil percobaan kepolaran senyawa pada beberapa larutan senyawa kovelen.

4.5.4        Siswa dapat menganalisis data hasil percobaan senyawa kovalen polar dan senyawa kovelen non polar.

4.5.5        Siswa dapat menyimpulkan sifat senyawa kovalen berdasarkan kepolaran.

4.5.6        Siswa dapat mengkomunikasikan hasil percobaan kepolaran senyawa.

C.    Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran Inquiry Learning dengan metoda diskusi, tanya jawab dan eksperimen siswa mampu menggali Informasi dari berbagai sumber belajar, penyelidikan sederhana dan mengolah informasi. Siswa diharapkan aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki sikap ingin tahu, berpikir kritis, teliti dalam melakukan pengamatan dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan,  memberi saran dan kritik serta dapat menjelaskan pengertian senyawa kovalen polar dan nonpolar, perbedaan senyawa kovalen polar dan nonpolar. Selain itu siswa juga dapat merancang percobaan mengenai kepolaran senyawa.

D.     Materi Pembelajaran

1.      Fakta

Berdasarkan perbedaan kepolaran ada dua macam ikatan kovalen :

a.       Ikatan Kovalen Polar

b.      Ikatan Kovalen Nonpolar

2.      Konsep

a.       Ikatan Kovalen Polar

Suatu ikatan kovalen disebut sebagai ikatan kovalen polar jika pasangan elektron ikat yang digunakan bersama cenderung untuk tertarik ke salah satu atom yang terlibat dalam ikatan. Kepolaran ikatan tersebut disebabkan oleh perbedaan keelektronegatifan antara tiap atom yang terlibat dalam ikatan. Semakin besar perbedaan perbedaan keelektronegatifan, kepolaran ikatan yang terjadi akan semakin besar pula.

b.      Ikatan Kovalen Nonpolar

Suatu ikatan kovalen dapat disebut sebagai ikatan kovalen nonpolar jika pasangan elektron ikat yang digunakan bersama tertarik sama kuat ke setiap atom yang berikatan.

3.      Prinsip

a.       Jika kedua atom tersebut sama = ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen nonpolar

b.      Jika kedua atom tersebut berbeda = ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen polar

c.       Jika atom pusat tidak memiliki pasangan elektron bebas, bentuk molekulnya akan menjadi simetris, jadi pasangan elektron akan tertarik secara simetris ke semua atom. Sehingga, ikatan yang terjadi adalah kovalen nonpolar.

d.      Jika atom pusat memiliki pasangan elektron bebas, bentuk molekulnya akan menjadi tidak simetris, jadi pasangan elektron akan cenderung tertarik ke atom pusat. Sehingga, ikatan yang terjadi adalah ikatan kovalen polar.

4.             4. Prosedur

            Untuk molekul yang mengandung dua atom, kepolaran dari molekul tersebut dapat ditentukan         sebagai berikut:           

a.       Jika kedua atom tersebut sama = ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen nonpolar, sebagai contoh N2, F2, O2, dll

b.      Jika kedua atom tersebut berbeda = ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen polar, sebagai contoh HCl, HBr, H2O, dan NH3

Untuk molekul yang mengandung tiga atau lebih atom, kepolaran molekul tersebut dapat ditentukan sebagai berikut :

a.       Jika atom pusat tidak memiliki pasangan elektron bebas, bentuk molekulnya akan menjadi simetris, jadi pasangan elektron akan tertarik secara simetris ke semua atom. Sehingga, ikatan yang terjadi adalah kovalen nonpolar. Contoh: CCl4

b.      Jika atom pusat memiliki pasangan elektron bebas, bentuk molekulnya akan menjadi tidak simetris, jadi pasangan elektron akan cenderung tertarik ke atom pusat. Sehingga, ikatan yang terjadi adalah ikatan kovalen polar. Contoh: H2O, NH3

      E.    Pendekatan/ Model/ Metode Pembelajaran

Pendekatan           : Scientific Learning

Model                    : Inquiry Learning

Metode                  : Tanya jawab, diskusi.

     F.    Media/Alat dan Bahan Pembelajaran

1.              Media

                         a.      Slide power point

                        b.      video

2.              Alat:

                         a.      Proyektor(infokus)

                        b.      Laptop

                         c.      Papan tulis

                        d.      Spidol

    G.     Sumber Belajar

1.Buku paket kelas X

2.Buku pelajaran yang relevan

3.Internet

4.Bahan tayang

    H.     Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (30 menit)

Kegiatan

Tahapan

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Pendahuluan

Orientasi

1.    Guru membuka pembelajaran dengan salam pembuka dan berdoa sebelum memulai pembelajaran

2.    Siswa dengan bimbingan guru bersama-sama merapikan meja dan kursi juga memungut sampah disekitar tempat duduknya.

3.     Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

4.     Guru memastikan kesiapan belajar siswa

 

Apersepsi

1.      Guru mengaitkan materi mengenai senyawa kovalen polar dan nonpolar dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.

“Ananda, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai ikatan kimia yaitu ikatan ionic dan ikatan kovalen. Siapa yang masih ingat apa perbedaan ikatan ionic dan ikatan kovalen?”

2.      Siswa melihat slide yang ditampilkan guru tentang campuran air dan minyak

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d3/Oil_in_water.jpg/300px-Oil_in_water.jpg

3.      Siswa menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru berdasarkan slide yang ditampilkan

”Apa yang terjadi jika minyak dan air dicampurkan?”

“Kenapa minyak tidak dapat menyatu dengan air? Ada yang tahu alasannya?”

4.      Siswa membacakan judul materi dan tujuan pembelajaran hari ini

3 menit

INTI

Merumuskan masalah

5.      Siswa melihat video yang ditampilkan guru tentang  kepolaran air dan minyak

6.      Siswa menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru berdasarkan video yang ditampilkan

“Nah, dari tayangin ini, apa yang dapat diamati?”

7.      Siswa mengajukan pertanyaan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan.

Bu, saya ingin bertanya. Selain dari video yang ditampilkan, apa-apa saja yang menjadi ciri senyawa kovalen polar dan nonpolar dan apa saja contoh senyawanya?”

3 menit

 

Merumuskan Hipotesis

1.      Guru menugaskan kepada peserta didik secara berkelompok untuk memberikan jawaban sementara terkait dengan pertanyaan yang diberikan temannya dan memperkirakan kepolaran dari zat-zat yang terdapat pada slide ppt serta menyampaikan jawaban sementara tersebut.

“Nah untuk membuktikan jawaban ananda. Mari kita lakukan demonstrasi terkait jawaban tersebut”

4 menit

Mengumpul-kan Data

1.    Siswa dengan bimbingan guru mendiskusikan bersama kelompok belajar tentang pertanyaan dari temannya dan tugas yang diberikan oleh guru dalam rangka mencari kebenaran hipotesa.

2.    Siswa diinstruksikan oleh guru  untuk mengumpulkan data atau informasi  yang relevan yang berkaitan dengan pertanyaan siswa dan tugas yang diberikan guru

 

Menguji hipotesis

1.      Guru meminta tiap kelompok mencari dan mengamati video percobaan mengenai kepolaran berbagai senyawa dan menuliskan hasil pengamatan pada lembaran pengamatan

10 menit

Merumuskan Kesimpulan

1.      Guru meminta tiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan dan dikaitkan dengan dugaan sementara

2.      Siswa  diminta menarik kesimpulan dari yang telah dipelajari hari ini kemudian diperkuat oleh penjelasan guru

“anak-anak, ibu ingin tahu hasil dari percobaan kalian apakah dugaan sementara kalian tadi benar atau salah mengenai kepolaran senyawa. Ibu ingin perwakilan tiap kelompok menyampaikan hasil percobaan”

 

“sudah benar hasilnya, ya dengan demikian apa hikmah yang bisa kita ambil dari pembelajaran hari ini?”

“dengan diciptakannya air sebagai senyawa kovalen polar banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil seperti air merupakan pelarut universal, dapat kita gunakan untuk minum, mandi, mencuci Begitu besar ciptaan Allah mengenai air, maka alangkah baiknya kita harus mensyukuri nikmat itu dengan cara menghemat penggunaan air.”

6 menit

Penutup

1.      Siswa diberikan informasi tentang pelajaran yang akan dipelajari minggu depan

2.      Siswa diberikan instruksi agar peserta didik mempelajari terlebih dahulu pelajaran yang akan dipelajari selanjutnya (gaya antar molekul).

3.      Menutup Pelajaran hari ini dan Bersyukur kepada Allah atas terselesaikan nya materi pelajaran hari ini.

1 menit


No comments:

Post a Comment