Topik 2 PPDP Demonstrasi Kontekstual

Topik 2

Demonstrasi Kontekstual

Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya (PPDP)

 


1.   Menurut Anda, apa saja hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat perencanaan pembelajaran yang ideal untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik?

Jawab:

Menurut saya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan kembali oleh guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, diantaranya:

a.         Tujuan Pembelajaran

Sebagai guru perlu menentukan tujuan yang jelas dan spesifik untuk setiap sesi pembelajaran. Tujuan yang baik akan membantu mengarahkan kegiatan pembelajaran dan memastikan bahwa peserta didik mencapai hasil yang diharapkan.

b.      Latar belakang, perkembangan, dan kesiapan peserta didik

Guru perlu mengenai latar belakang etnis, budaya dan status sosial peserta didik, serta tahap perkembangan dan kesiapan peserta didik (minat, motivasi, gaya belajar) sehingga guru dapat mengenali kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dengan memahami peserta didik secara individu, guru dapat merancang pembelajaran yang relevan dan menarik bagi mereka serta sesuai dengan yang dibutuhkan peserta didik.

c.         Konten Pembelajaran

Guru perlu memilih konten yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan peserta didik. Pastikan konten tersebut relevan, akurat, dan dapat diakses oleh peserta didik. Gunakan berbagai sumber daya seperti buku teks, materi online, dan materi audiovisual untuk mendukung pembelajaran.

d.         Metode Pembelajaran

Memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan peserta didik. Gunakan pendekatan yang beragam seperti ceramah, diskusi kelompok, studi kasus, atau proyek kolaboratif. Hal ini akan membantu meningkatkan keterlibatan peserta didik dan memfasilitasi pemahaman yang lebih baik.

e.         Evaluasi Pembelajaran

Merencanakan asesmen yang sesuai untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai instrumen penilaian seperti tes, tugas, atau proyek untuk mengukur pemahaman peserta didik. Asesmen yang dirancang dengan baik akan memberikan umpan balik yang berguna bagi peserta didik dan membantu guru dalam mengevaluasi efektivitas pembelajaran.

f.          Keselamatan dan Kesehatan

Memastikan bahwa lingkungan pembelajaran aman dan sehat bagi peserta didik. Pertimbangkan faktor-faktor seperti kebersihan, keamanan, dan kenyamanan ruang belajar. Juga, perhatikan kebutuhan khusus peserta didik seperti aksesibilitas bagi peserta didik dengan disabilitas.

g.         Keterlibatan Peserta Didik

Melibatkan peserta didik dalam perencanaan pembelajaran. Berikan mereka kesempatan untuk memberikan masukan, berbagi pendapat, dan mengambil bagian aktif dalam proses pembelajaran. Ini akan meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, diharapkan kita sebagai guru dapat membuat perencanaan pembelajaran yang ideal yang berpihak pada peserta didik. Perencanaan yang baik akan membantu menciptakan pembelajaran yang efektif, menarik, dan relevan bagi peserta didik.

 

2.      Menurut Anda, apa kriteria perencanaan pembelajaran yang ideal? Mengapa?

Jawab:

Terdapat dua kriteria perencanaan pembelajaran yang ideal, diantaranya:

a.       Keselarasan (Coherence)

Keselarasan berarti rancangan pembelajaran memiliki pola yang logis dan memiliki keterkaitan antarbagian atau antarunsur yang membentuk satu kesatuan. Keselarasan dalam perencanaan pembelajaran akan membantu memastikan bahwa seluruh komponen rancangan pembelajaran berada dalam konsistensi dan keterkaitan. Misalnya asesmen harus sejalan dengan tujuan pembelajaran. Begitu pula dengan kegiatan pembelajaran harus dirancang dengan memperhatikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Jadi, dengan memenuhi kriteria keselarasan ini, perancangan yang telah dibuat memiliki arah dan fokus yang jelas dalam mencapai tujuan.

 

b.      Keberagaman (Variety)

Variety berarti penggunaan jenis-jenis aktivitas yang berbeda. Dalam artian bahwa guru dapat menggunakan berbagai metode, sumber belajar dan media pembelajaran yang beragam sehingga akan meningkatkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dan dapat memenuhi pembelajaran yang berdiferensiasi.

 

 

 

No comments:

Post a Comment